Blogroll

Senin, 10 April 2023

NUZULUL QUR'AN DI MA WALISONGO 2023

 Kaliori, 8 April 2023

Nuzulul Quran merupakan peristiwa turunnya wahyu pertama surah Al-Alaq kepada Nabi Muhammad. Nuzulul Quran terjadi saat malam sepertiga akhir Ramadhan, tepatnya setiap 17 Ramadhan.
Momen ini sebaiknya dimanfaatkan setiap muslim untuk meraih hikmah puasa dan Al Quran. Sebelum memahami apa saja hikmah Nuzulul Quran, simak pengertiannya berikut.

Pengertian Nuzulul Quran
Kata Nuzulul Quran berasal dari dua kata yaitu Nuzul dan Al Quran. Secara harfiah arti kata Nuzul adalah menurunkan sesuatu dari tempat tinggi ke rendah. Sementara, kata Quran diambil dari Al Quran yang merupakan kitab suci umat Islam.

Apabila digabungkan, arti Nuzulul Quran adalah proses turunnya Alquran dari tempat yang tinggi ke muka bumi. Arti lebih lengkapnya adalah peristiwa turunnya Al Quran dari Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara Malaikat Jibril.

Peristiwa Nuzulul Quran dapat diartikan sebagai penyampaian informasi atau wahyu dari Allah SWT kepada Rasulullah SAW sebagai petunjuk bagi umat manusia untuk mencapai kebenaran.

Pada malam turunnya Al Quran, dipercaya bahwa malaikat diutus oleh Allah SWT untuk turun ke bumi. Mereka diperintahkan untuk memberikan doa kepada setiap orang yang beribadah.

Umat Islam dapat memperbanyak ibadah dengan beriktikaf di masjid, tadarus Al Quran, memperbanyak sedekah, sholat tarawih dan witir, memperbanyak zikir, serta memperbaiki sikap agar bisa mendapatkan berkah di malam Nuzulul Quran.







0 Post a Comment:

Posting Komentar