Pada pesenian Hadroh banyak
terkandung beberapa nilai yang terkait dengan aspekaspek pendidikan seperti
ketuhanan (tauhid), ibadah, dan budi pekerti (karakter). Nilai-nilai karakter
di sekolah dapat
ditanamkan dengan cara
diintegrasikan pada mata pelajaran, dan melalui kegiatan
ekstrakurikuler. Di MA Walisongo Kaliori, ekstrakurikuler hadroh merupakan
salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang dijadikan sebagai salah satu wadah
dalam upaya madrasah menanamkan nilai-nilai karakter kepada peserta didik.
Berdasarkan latar belakang di
atas rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana proses kegiatan
ekstrakurikuler hadroh di MA Walisongo Kaliori, (2) nilai-nilai karakter apa
saja yang dapat dibentuk melalui kegiatan ekstrakurikuler hadroh.
Penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif,
jenis penelitian lapangan
(field reserch) dengan mengambil tempat penelitian di MA Walisongo
Kaliori. Subjek penelitian ini adalah Guru ekstrakurikuler hadroh dan
siswa-siswa yang mengikuti kegiatan
ekstrakurikuler hadroh. Untuk
informan pendukungnya adalah
Kepala Madrasah dan Guru Wali Kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan
(verifikasi).
Hasil penelitian ini menunjukan
bahwa ekstrakurikuler hadroh di MA Walisongo Kaliori diikuti oleh 12 siswa
siswi kelas X dan XI dimana runtutan acara pada setiap latihan adalah
pembukaan, pemberian materi vokal dan dan materi tabuhan, pembacaan sholawat
(penggarapan lagu), dan penutup. Nilai-nilai karakter yang dikembangkan dalam
ekstrakurikuler hadroh adalah religius, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa
ingin tahu, cinta tanah air (nasionalisme), menghargai prestasi, dan tanggung
jawab.
0 Post a Comment:
Posting Komentar