Blogroll

Kamis, 30 Januari 2020

Penanaman Nilai–Nilai Karakter Melalui Ekstrakurikuler Hadroh di MA Walisongo Kaliori

Hasil gambar untuk hadroh madrasah aliyah


Pada pesenian Hadroh banyak terkandung beberapa nilai yang terkait dengan aspekaspek pendidikan seperti ketuhanan (tauhid), ibadah, dan budi pekerti (karakter). Nilai-nilai  karakter  di  sekolah  dapat  ditanamkan  dengan  cara  diintegrasikan pada mata pelajaran, dan melalui kegiatan ekstrakurikuler. Di MA Walisongo Kaliori, ekstrakurikuler hadroh merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang dijadikan sebagai salah satu wadah dalam upaya madrasah menanamkan nilai-nilai karakter kepada peserta didik.

Berdasarkan latar belakang di atas rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana proses kegiatan ekstrakurikuler hadroh di MA Walisongo Kaliori, (2) nilai-nilai karakter apa saja yang dapat dibentuk melalui kegiatan ekstrakurikuler hadroh.

Penelitian  ini  merupakan  penelitian  kualitatif,  jenis  penelitian  lapangan  (field reserch) dengan mengambil tempat penelitian di MA Walisongo Kaliori. Subjek penelitian ini adalah Guru ekstrakurikuler hadroh dan siswa-siswa yang  mengikuti  kegiatan  ekstrakurikuler  hadroh.  Untuk  informan  pendukungnya adalah Kepala Madrasah dan Guru Wali Kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi).

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ekstrakurikuler hadroh di MA Walisongo Kaliori diikuti oleh 12 siswa siswi kelas X dan XI dimana runtutan acara pada setiap latihan adalah pembukaan, pemberian materi vokal dan dan materi tabuhan, pembacaan sholawat (penggarapan lagu), dan penutup. Nilai-nilai karakter yang dikembangkan dalam ekstrakurikuler hadroh adalah religius, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, cinta tanah air (nasionalisme), menghargai prestasi, dan tanggung jawab.


0 Post a Comment:

Posting Komentar